Boobs and Durians in Blanco Museum


Kedua teman saya di depan Museum Blanco

Dari awal pergi ke Bali, saya sudah ingin ke museum Antonio Blanco.. Dan untungnya, museum itu berada di Ubud.

Saya dan teman2 masuk dengan bayar 30 ribu (untuk pengunjung internasional 50 ribu). Dan, mendapat suguhan coffee syrup berhiaskan bunga.
Awalnya, kami girang berfoto2 dengan burung2 eksotik di halaman.
Setelah puas berfoto, kami masuk ke ruang utama yg bergaya Eropa yang didesain sendiri oleh Blanco.
Didalamnya terdapat banyak lukisan wanita Bali menari atau merebahkan diri tanpa penutup dada.. Kadang ada caption panjang mengenai cerita lukisan.

Dalam salah satu artikel berbahasa Inggris yg dipajang tertulis, kurang lebih begini:

Wanita bali tubuhnya sangat cantik dilukis. Alasannya, mereka sering membawa barang di atas kepalanya. Beban yg ditopang membuat sistem otot di leher dan pundaknya baik, sehingga buah dadanya pun indah..

Kami beralih ke Erotica Room. Gayanya lebih pop.. Blanco membuat lukisan kolase, framenya juga jadi seni tersendiri. Ada frame berbentuk wanita telanjang yang mulut dan buah dadanya mengeluarkan botol! Awww…
Ada pula Ruang Film dan Studio Lukis. Saya sempat lihat foto dan lukisan Blanco dan Michael Jackson.
Juga ada ruang dengan lukisan bunga dan buah. Salah satunya, lukisan buah berbingkai durian besar.

The Durian and Me

Kunjungan ke museum Blanco membangkitkan memori saya pada serial televisi tentang pelukis beraliran Reinassance ini. Saat itu saya masih SD dan terpaku pada serial yang indah namun terlalu dewasa untuk saya ini.
Kunjungan singkat ini pun menyadarkan saya bahwa banyak orang asing yang mengagumi eksotika wanita Bali, yang konon tidak menutup buah dadanya hingga tahun 1900-an.

Tinggalkan Balasan

