Hot-POP-Stuff


Saat saya tinggal di Korea selama empat bulan (Agustus-Desember 2009), saya begitu merindukan Indonesia. Untuk tahu perkembangan terbaru, saya sering buka Kompas.com, Detik.com, chat di Yahoo Messanger dan tentunya Facebook-an.

Berbagai cara tersebut cukup mengobati kerinduan saya. Tadinya, saya pikir walaupun tidak di Indonesia, akan tahu perkembangan terbaru dan tergaul di sana. Namun, saat saya pulang, ternyata banyak hal yang berubah. Dan, saya tidak mengetahuinya.

Dunia berubah dengan cepat. Itu hanyalah ilusi.

Yang sebenarnya terjadi adalah manusia terus berbuat berbagai hal sehingga tanpa sadar dunia pun diubah olehnya.

Hal yang paling membuat takjub ketika pulang adalah munculnya tren-tren di kalangan anak muda. Dan, sampai sekarang beberapa tren tersebut masih terjadi. Berikut ini beberapa item yang bikin heboh remaja Indonesia:

1. Blackberry

Blackberry tidak hanya menghubungkan orang yang berjauhan dengan koneksi 24 jam-nya, tetapi juga berhasil membuat “Blackberry Autism Syndrome”. Nggak usah cari di Wikipedia, istilah ini saya buat sendiri. Seenggaknya, kamu sering kan melihat orang sibuk sendiri dengan BB-nya dan lupa sekitar? Atau, itu terjadi pada kamu?

Ada orang yang bijak menggunakan BB, ada pula yang tidak. Namun, saya pernah melihat adanya korban dari sindrom ini. Suatu hari, di sebuah restoran di Bandung, datanglah se-grup keluarga siap bersantap. Mereka memesan makanan, lalu saat menunggu pesanan datang, BB pun jadi pelipur lara. Ayah, Ibu, anak laki, anak perempuan sibuk dengan BB. Yang menyedihkan adalah, mereka sedang bersama neneknya. Ujung-ujungnya, sang nenek malah dicuekin. :( 

2. Frozen Yoghurt

Saat saya jalan-jalan ke mall, sekarang jadi banyak toko yang menjual frozen yoghurt. Mulai dari J.Cool dari J.Co, Red Mango, Sour Sally, Yoghurt City, dll. Harganya pun lumayan menguras uang jajan 30-50 ribu. Tapi kok, banyak ya anak muda yang datang kesana. Apa makin banyak anak muda kaya?

Saya jadi teringat saat masa SMP, tumbuh tren toko Crepes. Di tiap mall, dimana-mana ada crepes. Dan, semuanya penuh! Kini, kita jarang menemukan toko crepes. Tren telah menyurut. Apakah frozen-yoghurt akan menemukan nasib yang sama?

Kalau sesuai pelajaran marketing sih, tiap produk ada life cycle-nya. Sederhananya, ada kelahiran-tren-penurunan-kematian dalam setiap produk. Untuk mengakalinya, sebuah produk harus diolah dengn inovasi. Nah, mari kita buat berinovasi!

3. Politik!!

Inilah topik yang paling ribet dan nggak ada ending-nya. Politik di Indonesia banyak warnanya, liukannya, kejutannya. Nggak jauh beda sama Dufan. Walau begitu, kita tetap harus tahu masalah ini.

Kalau kamu akrab ama BB dan Frozen Yoghurt, kamu anak gaul. Tapi, saat ditanya politik nggak tahu.. Orang akan meragukan isi kepala kamu.

Harus tetap up-to-date. Caranya buka koran, kompas.com, atau time.com. Gampang kan?

Sebagai tes, berikut ini nama-nama yang berkaitan dengan topik politik masa kini: Sri Mulyani, KPK, Gayus Tambunan, Susno Duadji, Aburizal Bakrie.

Kalau kamu tidak tahu apa yang terjadi dengan mereka. Jangan tunda lagi, cari tahu secepatnya.

4.   4l4y

Tentunya, kamu sudah tahu apa itu alay. Menurut saya sih, alay adalah sesuatu yang berhubungan dengan mencoba jadi gaul tapi gagal. Nulis pake huruf gede-kecil, diselingi 4n6k4 (angka), atau boros kata, misalnya “kaaamoee laaghiee appha siechh?”. Juga, ada kaitannya dengan musik: suka band alay yang seliweran di acara musik pagi, semacam Kangen Band, ST12, Armada, Daun, Wali, Angkasa, The Sisters, The Adlys, dan lainnya.

Kalau saya sih tidak menyalahkan atau membenarkan alay. Itu adalah pilihan style seseorang. Kalau alay masuk kedalam kepribadiannya, maka menjadi alay adalah hal yang tepat.

Berdasarkan ciri-ciri alay di atas, saya sebenarnya sedikit alay juga sih. Saya suka beberapa lagu ST12 😛

 

 

Sekian dulu postingan hari ini. Saya baru membahas 4 hal yang lagi “in” di Indonesia. Besok, saya akan buat bab 2 nya, mungkin. Jadi, kalau ada yang punya ide tentang apa yang harus dibahas. Silahkan share di sini.

Terima kasih.

 

One response to “Hot-POP-Stuff

  1. nice post! kinda love ur writing style. except the alay part :)) the more u discussed about ’em the more you are one of them..

    ahahaha
    kangen uli!

Tinggalkan Balasan

