Jurnalisme yang bikin senyum: Good News from Indonesia.


Apa yang kamu lihat di berita hari ini?

Di tv ada berita tentang kecurangan yang terjadi di Ujian Akhir Nasional ulang. Kamera menangkap ulah para siswa yang saling ngobrol dan menyebarkan jawaban di kertas. Dan, pengawas seperti tidak tahu (atau, tidak peduli). Bahkan, terlihat ada pengawas wanita yang membawa anak balitanya saat bertugas. Apa?!? (dengan gaya ibu-ibu di sinetron)

Lalu, sore ini dialog di Metrotv mengenai berubah haluannya partai Golkar setelah Sri Mulyani pindah ke World Bank. Dalam paket beritanya, Metrotv menganalisa bahwa Aburizal Bakrie tidak suka Sri Mulyani yang menimbulkan masalah baginya, dalam skandal pajak. Saya sempat kaget. Haaah!! Sejak kapan Metrotv berani mengkritisi Golkar??Setelah saya ingat-ingat, pemilik Metrotv kan sudah punya partai sendiri.

Maka, hari ini saya menonton banyak berita. Banyaknya berita yang bikin ruwet kepala, misalnya tentang Susno Duaji dan minuman keras oplosan yang memakan korban di Cirebon. Bahkan, pembuat minuman tersebut diwawancarai. Ia menjelaskan bahwa minuman itu mengandung alkohol 70 % dan obat nyamuk. Gosh!

Dan, yang lebih parah lagi… Ia mengaku pernah bereksperimen dengan membuat minuman dengan campuran bensin. Sepertinya komitmen dia sebagai “bartender ngasal” terlalu berlebihan. Dia coba ramuannya. Hasilnya= Ia muntah darah 2 x. Jadi bingung harus bereaksi apa😦

Mau tak mau, harus diakui bahwa akhir-akhir ini Indonesia dipenuhi dengan berita politik, UAN, dan KPK. Saat menonton pertama kali, mungkin kita penasaran. Kesekian kalinya, kita bosan bukan main. Hari-hari kita diisi dengan berbagai kegiatan yang dapat menguras emosi dan tenaga. Begitu pulang ke rumah, masak kita mau liat berita-berita yang bikin bete sih?? What’s the point?

Di dunia jurnalistik ada ungkapan “Bad news is good news”

Dapat diartikan, suatu kejadian yang buruk dapat dijadikan berita yang bagus. Berita yang menarik perhatian dan laku.

Namun, saatnya kita rehat dari “bad news” dan mulai menyantap “good news”. Salah satu pilihannya adalah Good News from Indonesia

Klik www.goodnewsfromindonesia.org

Temukan berita-berita menarik mengenai negara kita. Professor muda dari Indonesia, Drew Barrymore da Jessica Alba yang memakai batik, merek-merek Indonesia yang mendunia (contohnya, ban Gajah Tunggal dan perkakas Krisbow)

Dari website ini pun, saya baru tahu kalau Kopassus adalah pasukan khusus ketiga terbaik di dunia. Penilaian ini berdasarkan kualitas prajurit (tidak memperhitungan teknologi). Menurut artikel dalam website tersebut, 1 tentara Kopassus setara dengan 5 prajurit biasa. Keren kan? Bahkan, pasukan khusus Amerika saja tidak masuk dalam daftar ini.

Banyak media massa yang melaporkan berita dengan dengan analisis yang sinis, seakan Indonesia menuju keterpurukkan. Analisis itu bisa benar atau salah. Yang jelas, sebagai manusia kita perlu merasa bangga pada tanah air.

Silahkan mengeksplorasi website ini, guna menyeimbangkan pikiran mengenai harkat dan martabat Indonesia.

Sebagai penutup, saya ingin membagi sebuah trailer film “Eat, Pray, and Love” yang diperankan oleh Julia Roberts. Salah satu lokasi syutingnya adalah Bali, Indonesia. Di Bali, sang wanita menemukan cinta.

Selamat menonton!🙂

2 responses to “Jurnalisme yang bikin senyum: Good News from Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s